Hallo semua !

Pada postingan ini saya akan menjelaskan sedikit tentang berbagai macam jenis format video beserta dengan salah satu video yang sudah saya ubah formatnya menjadi 10 format berbeda. 

1. MP4


MP4 adalah ekstensi yang ditentukan oleh standar video MPEG-4 dan standar audio AAC. Ini adalah wadah yang mendukung semua jenis media seperti video, audio, subtitle, grafik 2D dan 3D. Dimungkinkan untuk membuka file MP4 dengan hampir semua pemain di Windows tetapi pada Mac Anda harus menggunakan plug-in atau hanya mengkonversi file ke format lain.

2. 3G2


Format 3G2 berfungsi sebagai versi terbaru dari format .3GP. Kedua format ini serupa karena didasarkan pada format file media berbasis ISO, yang dirancang agar dapat diperluas dan fleksibel untuk menukar dan menyajikan media. Namun, format 3GP dirancang untuk berbasis GSM (Global System for Mobile Communications) sedangkan format 3G2 dirancang untuk ponsel berbasis CDMA (Code Division Multiple Access).

3. 3GP



Format File 3GP adalah format wadah multimedia yang digunakan pada ponsel 3G. Itu juga dapat dimainkan di beberapa ponsel 2G dan 4G. 3GP didefinisikan oleh Third Generation Partnership Project (3GPP) untuk layanan multimedia 3G UMTS (Universal Mobile Telecommunications System). File 3GP disimpan dengan ekstensi .3gp. Format file 3GP dirancang untuk telepon berbasis GSM (Sistem Global untuk Komunikasi Seluler) dan merupakan format standar untuk file media yang dikirim melalui MMS (Layanan Pesan Multimedia). Tidak seperti MP4, yang menggunakan codec H.263, file 3GP sebaiknya menggunakan codec H.263.

4. AVI



File AVI menggunakan lebih sedikit kompresi untuk menyimpan file dan menghabiskan lebih banyak ruang daripada banyak format video lainnya—seperti MPEG dan MOV. File AVI juga dapat dibuat tanpa menggunakan kompresi sama sekali. Ini membuat file tidak hilang, yang menghasilkan ukuran file yang jauh lebih besar — ​​sekitar 2-3 GB per menit video. File lossless tidak akan kehilangan kualitas seiring waktu, terlepas dari berapa kali Anda membuka atau menyimpan file tersebut. Selain itu, ini memungkinkan pemutaran tanpa menggunakan codec apa pun.

5. WEBM


File WEBM didukung oleh sebagian besar browser web karena formatnya kadang-kadang digunakan di website HTML5 untuk streaming video. Misalnya, YouTube menggunakan format file Video WebM untuk semua videonya, mulai dari 360p hingga resolusi yang lebih tinggi. Begitu juga Wikimedia dan Skype.


6. OGV


OGV adalah wadah yang menggunakan format open source OGG. OGG tidak terbatas pada paten perangkat lunak yang merupakan salah satu tujuan utama penciptaannya. Format OGV digunakan untuk menyimpan aliran video dengan atau tanpa audio yang pada gilirannya dapat dikompresi dengan algoritma Opus, Vorbis, Theora atau Speex. Format ini digunakan untuk memutar konten video di halaman web dengan bantuan HTML5. File OGV dapat dimainkan oleh beragam pemutar media.

7. MOV


MOV adalah format video yang dikembangkan oleh Apple. MOV adalah wadah video MPEG 4 yang terutama digunakan dengan program QuickTime Apple. Video MOV dapat menyimpan berbagai format video dan multimedia audio, video, dan teks dalam file yang sama di trek yang berbeda.

8. MPG


File MPG biasanya menggabungkan kompresi audio dan video MPEG-1 atau MPEG-2. MPEG-1 adalah salah satu format video / audio lossy yang paling banyak digunakan di dunia karena didukung oleh sejumlah besar aplikasi video dan audio. MPEG-2 dikembangkan untuk memperbaiki kekurangan MPEG-1, yang hanya mencakup sistem kompresi audio dua saluran dan dukungan yang tidak memadai untuk tuntutan video resolusi lebih tinggi.

9. M4V


Dikembangkan oleh Apple, file M4V sangat mirip dengan format MP4, yang keduanya didasarkan pada format wadah video MPEG-4. Alasan utama di balik pembuatannya adalah untuk menempatkan tingkat keamanan, yang menambahkan perlindungan DRM FairPlay Apple, pada apa pun dari iTunes Store. Ini mencegah siapa pun yang mencoba melihat atau menyalin file ini di perangkat yang tidak dibuat oleh Apple, seperti iPhone, iPad, iPod, dll.

10. WMV


File dengan ekstensi file WMV adalah file Windows Media Video, dikompres dengan satu atau lebih format kompresi video Microsoft. Ini adalah format umum yang digunakan untuk menyimpan video di Windows, itulah sebabnya mengapa beberapa program pihak ketiga menggunakannya untuk hal-hal seperti animasi pendek.


Berikut adalah contoh pengkonversian format video MP4 ke  menggunakan software Aiseesoft Video Converter :




Perbandingan video MP4 dan 3G2:





Demikian penjelasan singkat saya mengenai berbagai jenis format file video. Masing masing format mempunyai kelebihan dan kekurangan masing masing, hanya perlu disesuaikan dengan kebutuhan kita.